Pertanyaan tentang gaji yang diharapkan sering kali menjadi pertanyaan yang sulit dijawab saat menjalani wawancara kerja. Pewawancara mungkin ingin mengetahui seberapa realistis ekspektasimu terhadap gaji yang akan diterima dan apakah kamu sudah memahami range gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Berikut ini adalah tips dalam menjawab pertanyaan “Berapa gaji yang kamu harapkan?” dengan baik dan SEO friendly.

  1. Lakukan riset tentang gaji Lakukan riset tentang gaji yang umumnya diberikan untuk posisi yang kamu lamar. Anda bisa mencari informasi gaji tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya seperti situs web perusahaan, situs-situs karir atau dengan bertanya pada teman atau rekan yang sudah bekerja di bidang yang sama.
  2. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi Jangan meminta gaji terlalu rendah atau terlalu tinggi, sebab ini bisa membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Hindari memberikan angka yang terlalu spesifik dan bukannya menawarkan range gaji yang lebih fleksibel.
  3. Jelaskan faktor yang mempengaruhi gaji yang kamu harapkan Sebelum menjawab pertanyaan ini, jelaskan bahwa gaji bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi keputusanmu untuk bekerja. Kamu bisa menekankan bahwa kamu tertarik pada pekerjaan ini karena kesesuaian dengan keterampilanmu, tantangan yang diberikan, dan lingkungan kerja yang mendukung. Setelah itu, baru kamu bisa menjelaskan tentang gaji yang kamu harapkan.
  4. Tawarkan jawaban yang fleksibel Coba tawarkan jawaban yang fleksibel seperti, “Saya berharap gaji yang sesuai dengan pengalaman dan keterampilan saya. Saya memahami bahwa gaji yang ditawarkan dapat berbeda-beda dan saya siap untuk membahasnya lebih lanjut.”

Dalam menjawab pertanyaan “Berapa gaji yang kamu harapkan?“, pastikan untuk melakukan riset tentang gaji, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi, jelaskan faktor yang mempengaruhi gaji yang kamu harapkan, dan tawarkan jawaban yang fleksibel. Dengan memberikan jawaban yang baik, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu memahami standar gaji untuk posisi yang kamu lamar, serta menunjukkan bahwa kamu siap untuk membahasnya lebih lanjut.

Categorized in: